Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hadibuanaAvatar border
TS
hadibuana
Prabowo bukanlah “Bung Karno kecil”


M enjelang makin dekatnya penyelenggaraan pemilihan legislatif dan presiden yang akan datang, kiranya menarik bagi kita untuk sama-sama menyimak kembali isi berita Gatra 7 Februari 2009, yang ringkasannya berbunyi antara lain seperti berikut :

« Tepuk riuh ratusan pendukung dan simpatisan sontak bergema memenuhi ruang Balai Sarbini, Semanggi, kala mantan politisi senior PDI Perjuangan tampil di depan podium pada HUT pertama Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Jum`at (6/2) malam.

Permadi, yang baru tiga hari bergabung dengan Gerindra, secara khusus didaulat untuk menyampaikan sepatah dua patah kata, pada para kader, pendukung dan simpatisan partai berlambang kepala garuda emas itu. "Saya bergabung dengan Gerindra, karena sosok Prabowo-nya," katanya,

Ketua Dewan Pembina Gerindra, Prabowo Subianto, di mata Permadi, adalah Bung Karno kecil karena visi dan misi partai yang bangunnya sangat berbau Soekarnois, seperti slogan `kembali ke UUD 1945`, `Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika`, belum lagi `Berdikari` alias berdiri di atas kaki sendiri.

"Saya yakin, dengan kemampuan dan pengetahuannya, Prabowo pada masa datang dapat melebihi pesona Megawati Soekarnoputri," ujarnya mantap, yang lantas disambut teriakan yang meriah oleh kader, pendukung, dan simpatisan Gerindra (kutipan dari Gatra selesai).


Seandainya diucapkan oleh sembarangan orang, penyebutan bahwa Prabowo adalah “Bung Karno kecil” akan bisa dianggap remeh atau ditanggapi sebagai angin lalu saja Tetapi karena ini diungkapkan oleh Permadi, mantan “tokoh” PDI Perjuangan dan anggota DPR, yang juga Sukarnois yang biasanya lantang suaranya, dan juga sebagai seorang paranormal (tukang peramal) yang cukup dikenal, maka masalahya menjadi lain.

Apalagi ungkapan ini dikumandangkan menjelang pemilu 2009, antara lain dalam HUT partai Gerindra, yang bisa menimbulkan effek tertentu dalam opini umum. Mengingat pentingnya penyebutan Prabowo sebagai “Bung Karno kecil”, dan kemungkinan dampaknya yang menyesatkan bagi banyak orang, maka tulisan ini mencoba mengajak para pembaca untuk bersama-sama menelaahnya.

Penghinaan kepada Bung Karno

Tanpa bermaksud menghina atau merendahkan penilaian Permadi bahwa Prabowo adalah “Bung Karno kecil” (pendapat begitu itu adalah haknya sepenuhnya !), dalam tulisan ini disajikan berbagai pendekatan terhadap masalah ini, karena banyak sekali hal-hal yang perlu dipersoalkan,
atau patut difikirkan bersama.

Penyebutan Prabowo sebagai « Bung Karno kecil” merupakan penghinaan kepada Bung Karno, pemimpin besar bangsa Indonesia yang sampai sekarang belum ada tandingannya. Sebab, ditinjau dari banyak segi, seluruh sejarah hidup revolusioner Bung Karno bertentangan sama sekali atau bertolak belakang dengan sejarah hidup Prabowo. Bisa diibaratkan dengan bumi dan langit.

Kalau Prabowo adalah “Bung Karno kecil” maka ini berarti bahwa ia betul-betul harus mengerti atau menjiwai gagasan-gagasan besar dan ajaran-ajaran revolusioner Bung Karno yang tercermin dalam karya-karya agungnya, umpamanya : Indonesia Menggugat, Lahirnya Pancasila, Dibawah Bendera Revolusi, Revolusi Belum Selesai dan banyak karya bersejarah lainnya.

Artinya, kalau Prabowo memang “Bung Karno kecil” maka ia tentunya menerima sepenuhnya atau menyetujui Pancasila (versi asli Bung Karno), Berdikari, Manipol-Usdek, Tavip, Nasakom dan ajaran-ajaran Bung Karno lainnya. Tetapi apakah Prabowo sungguh-sungguh menerima sepenuhnya atau betul-betul menyetujui seluruhnya ajaran-ajaran dan gagasan-gagasan revolusioner Bung Karno adalah satu soal yang sekarang ini masih belum jelas, sehingga mengatakan bahwa Prabowo adalah “Bung Karno kecil” merupakan ungkapan yang bisa dianggap gegabah atau sembarangan.

lajut di bawah gan....
0
4.2K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan