Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

marwanto.maAvatar border
TS
marwanto.ma
[Share] Paket Internet Neo Unlimited Smartfren (Prabayar)
Bagi kamu yang merasa koneksi internet Smartfren kamu sudah mulai lemot, itu dikarenakan Smartfren mengubah paket internet menjadi Neo Unlimited yang FUP-nya juga berubah menjadi bulanan, meskipun harga tetap dan kecepatan juga meningkat. Perubahan ini terjadi terhitung mulai tanggal 1 Maret 2013 lalu. Akibat perubahan paket internet Neo Unlimited ini, bandwidth internet pelanggan Smartfren Neo Unlimited berkurang drastis menjadi kurang dari setengahnya. Hal ini membuat beberapa pelanggan Smartfren protes atas kebijakan Smartfren yang baru ini karena kecepatan mereka sudah seperti "siput", bahkan ada yang mengaku akan pindah ke ISP lain apabila Smartfren tidak segera mengubah kebijakan barunya ini ke sebelumnya.

Berikut ini adalah sejarah paket internet Unlimited Smartfren prabayar dari True Unlimited hingga sekarang:

1). True Unlimited (hingga 11 Oktober 2012):


2). Unlimited (12 Oktober 2012 - 28 Februari 2013):


3). Neo Unlimited:


4). [UPDATE] Neo Unlimited (1 Maret 2013 - sekarang)


Tampaknya Smartfren sekarang semakin lebih "pelit" bandwidth internet ke para pelanggannya. Lihat saja pada ketiga gambar di atas, semula paket yang namanya "True Unlimited" berubah menjadi "Unlimited" (tanpa embel-embel True) dan sekarang berubah lagi namanya menjadi "Neo Unlimited". FUP yang sebelumnya tidak ada di paket "True Unlimited" menjadi ada FUP harian di paket "Unlimited" dan sekarang FUP harian berubah kembali menjadi FUP bulanan di paket "Neo Unlimited". Paket Mingguan yang sebelumnya ada di "True Unlimited" dan "Unlimited" sekarang menjadi tidak ada di paket "Neo Unlimited", dan digantikan dengan paket "Xtra Premium" bulanan yang kecepatannya tinggi dan harga yang mencapai hampir 200 ribuan.
"Setelah FUP apa akibatnya?" Ya kecepatan download anda turun menjadi 153 Kbps (19,125 KB/s) dan upload menjadi 128 Kbps (16 KB/s). Setelah FUP kedua, kecepatan akan diturunkan kembali menjadi 64 Kbps (8 KB/s) hingga masa berlaku berakhir.
"Lantas jika sudah terkena FUP pertama dan kedua, apakah kecepatan bisa seperti semula lagi pada hari berikutnya?" Tidak, kecepatan internet anda tidak akan naik pada hari berikutnya kecuali anda melakukan registrasi ulang yang akan memakan pulsa/biaya yang lebih besar dari sebelumnya, seperti pada gambar di bawah ini:


Sebagai contoh, ketika anda melakukan registasi paket Neo Regular bulanan dan sudah terkena FUP bulanan pertama, maka kecepatan internet anda akan turun ke 153 Kbps (19,125 KB/s) dan 128 Kbps (16 KB/s). Apabila sudah terkena FUP bulanan kedua, maka kecepatan internet anda akan diturunkan kembali menjadi 64 Kbps (8 KB/s) hingga masa berlaku paket Neo Unlimited anda berakhir.

Berikut ini SMS yang didapatkan jika registrasi paket berhasil:
Spoiler for SMS yang didapatkan:


Berikut ini adalah keterangan paket Neo Unlimited terbaru Smartfren:


FAQ:





Berikut ini kalkulasi dari paket internet Neo Unlimited terbaru Smartfren:

Spoiler for FUP pertama per hari:


Spoiler for FUP kedua per hari:


Spoiler for Kecepatan masing-masing paket dan setelah FUP pertama dan kedua:


Spoiler for Waktu yang dibutuhkan untuk mendownload file dengan ukuran tertentu (Neo Regular, sebelum FUP):


Spoiler for Waktu yang dibutuhkan untuk mendownload file dengan ukuran tertentu (setelah FUP pertama):


(Karena saya menggunakan paket Neo Regular dan belum terkena FUP kedua, maka saya tidak bisa memprediksi waktu yang dibutuhkan untuk mendownload file dengan ukuran tertentu menggunakan paket Neo Premium, Xtra Premium, dan setelah FUP kedua. Jika saya sudah menggunakan kedua paket tersebut dan sudah terkena FUP kedua, baru saya akan tambahkan di thread ini.)

Berikut ini gambar kecepatan koneksi internet yang didapatkan ketika saya berlangganan paket Neo Regular, baik sebelum maupun setelah FUP pertama dan kedua:

Sebelum FUP:

Spoiler for Speedtest.net:


Spoiler for Pingtest.net:


Spoiler for Ping (Command Prompt):


Spoiler for Download dengan Internet Download Manager (IDM):


Setelah FUP pertama:

Spoiler for Speedtest.net:


Spoiler for Download dengan Internet Download Manager (IDM):


Setelah FUP kedua (belum tercapai FUP kedua)

"Solusinya bagaimana jika mau menggunakan FUP harian Neo Unlimited lagi?" Ya kamu bisa berlangganan paket Neo Premium Harian setiap hari dengan total kalkulasi Rp 225.000/bulan. Bisa juga menggunakan paket Xtra Premium dengan kalkulasi 500 MB/hari, tetapi dengan harga yang lebih mahal daripada Neo Regular dan Premium bulanan. Atau kamu juga bisa pindah ke pascabayar dan berlangganan salah satu paket Pospaid Unlimited seperti pada gambar di bawah ini:
Spoiler for Paket Internet Postpaid Unlimited Smartfren (Pascabayar):


Catatan:Anda juga bisa meng-share pengalaman anda menggunakan Smartfren di thread ini, tetapi dengan kata yang tidak boleh kasar dan mengandung unsur SARA. Terima kasih. emoticon-Smilie
Diubah oleh marwanto.ma 30-03-2013 04:32
0
16.7K
92
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan