niankAvatar border
TS
niank
~ SEMUA TENTANG PERMASALAHAN RAMBUT ~
Rambut mempunyai beberapa fungsi umum, yaitu :

1. Perlindungan Mekanis
Rambut atau bulu badan berguna untuk menahan tumbukan permukaan rambut seluas 1 cm2 dapat menahan gaya tekan sebesar 23 gram rambut sekitar lubang-lubang alami tubuh melindungi struktur yang dikelilingi terhadap pengaruh-pengaruh buruk dari luar. Alis mengalihkan aliran keringat di dahi sehingga tidak masuk mata. Rambut di lubang hidung menyaring udara dalam pernapasan. Rambut di liang telinga luar sangat peka terhadap sentuhan dan ketiak serta rambut kemaluan mengurangkan efek gesekan. Fungsi perlindungan mekanis pada hewan mempunyai arti penting tetapi dengan dicapainya tingkat evolusi yang lebih tinggi pada manusia fungsi ini justru menjadi makin ciut. -Rambut dan bulu badan juga memberi perlindungan terhadap sinar ultraviolet dan sinar panas.

2. Pengaturan Suhu Badan
Bulu badan pada hewan merupakan penyekat (insulator) yang baik karena zat tanduk memang bersifat sebagai pengantar (konduktor) panas yang buruk. Dengan demikian lapis bulu badan berguna untuk menyimpan panas badan. Pada manusia fungsi ini hampir tidak ada lagi sejalan dengan perkembangan cara-cara lain untuk memelihara suhu tubuh yang konstan melalui kelenjar-kelenjar keringat, peredaran darah kulit dan pengaruh susunan syaraf terhadap struktur2 tadi.

3. Pelimbahan Keringat dan Air
Lapis bulu badan memiliki luas permukaan yang amat besar dan dengan demikian membantu penguapan keringat dan melimbahnya air dari kulit setelah mandi. Agaknya kumis dan janggut pada manusia pada mulanya memiliki fungsi demikian.

4. Penarik Jenis Kelamin yang lain
Pada hewan bulu dan warna bulu mempunyai daya tarik terhadap hewan yang berjenis kelamin. Pada manusia rambut ketiak dan rambut kemaluan memudahkan penguapan keringat apokrin dengan bau-bauan khas yang menarik individu jenis kelamin lain.

5. Pengutaraan Emosi
Pada hewan rasa takut, kemarahan dan sebagainya dinyatakan dengan berdirinya bulu badan yang disebut pilomotion.

6. Sebagai Alat Perasa
Rambut memperbesar efek rangsang sentuhan terhadap kulit. Sentuhan terhadap bulu mata menimbulkan refleks menutup kelopak mata. Kepekaan kulit terhadap sentuhan berbanding sejajar dengan kelebatan pertumbuhan rambut 312/cm2 sangat peka terhadap sentuhan.
Diubah oleh niank 10-02-2013 02:19
junleon
junleon memberi reputasi
1
30.8K
121
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan