boybandsuxAvatar border
TS
boybandsux
Tips Hindari Pancaran Lampu HID [High Intensity Discharge]




Jangan pernah melihat lampu HID atau sumber cahaya lainnya yang terlalu terang hingga menyilaukan mata. Hal ini akan mengakibatkan kebutaan sesaat. Pasalnya, kilauan lampu tersebut akan berada di mata kita untuk beberapa saat. Akibatnya kita tidak bisa melihat. Ini yang berbahaya.”

Untuk survive menghadapi kilauan cahaya HID, kita bisa melakukan 3 (tiga) hal:

  1. Jangan pernah bosan melakukan tehnik SEE (Search Evaluate Execute) dimana pengendara harus konsisten melihat jauh ke depan, mengevaluasi halangan/potensi kecelakaan serta memutuskan sikap dalam kondisi tersebut.


  2. Akan sangat lebih baik untuk mengurangi kecepatan ketika menemui kondisi seperti ini. Pengurangan kecepatan pun dilakukan dengan hati-hati. Artinya, jika dari jauh sudah melihat adanya kendaraan yang menggunakan lampu jenis ini, maka antisipasilah. Jangan melakukan asumsi, lakukanlah analisa! Jika memungkinkan, pinggirkan kendaraan perlahan-lahan hingga mobil/motor tersebut berlalu.
    Mengapa? Karena dengan mengurangi laju kendaraan kita, resiko menabrak kendaraan di depan bisa dikurangi. Namun hal ini tetap tidak mengurangi resiko ditabrak dari belakang oleh kendaran lain. Itulah sebabnya, selalu cek spion dan blind spot.


  3. Jika memang ada kendaraan dari arah belakang menggunakan lampu HID atau sejenis, biarkan dia melaju dahulu. Biasanya, pengemudi yang di depan akan terganggu oleh pantulan sinar HID melalui kaca spion.


Emosi? Wajarlah, namanya juga manusia. Tapi ingat, kita ingin pulang ke rumah dengan selamat, bukan sambil adu jotos di jalan. Tapi kalau memang kesal dengan si pengemudi, jika memungkinkan, berilah saran untuk mengganti lampunya. Entah itu saat menunggu lampu merah, atau saat berhenti di warung kopi yang sama. Ini pun langkah terakhir, jika pihak yang berwenang diam saja melihat hal tersebut.

Quote:




Ride safely, Drive Carefully, Share The road
Diubah oleh boybandsux 05-06-2013 18:06
tata604
4iinch
4iinch dan tata604 memberi reputasi
2
22.4K
177
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan