Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mulutsegarAvatar border
TS
mulutsegar
Kernet, Abang Siomay dan Social Media
Kebetulan ini postingan pertama saya di lounge, karena tidak tau kesambet setan apa. Tiba-tiba saya teringat kisah ini dan langsung menulis tanpa henti disini, hehehehe. emoticon-Smilie

Spoiler for Terms:


KERNET, ABANG SIOMAY DAN SOCIAL MEDIA


Menarik melihat perkembangan social media di Indonesia beberapa tahun terakhir, dari yang orang anti dengan memahamkan slogan "Menjauhkan yang dekat dan Mendekatkan yang jauh". Untuk beberapa orang paham ini diyakini dapat memendekkan jarak dan waktu lantas memperkuat core dari budaya kita, yaitu "Makan gak makan pokoknya ngumpul"

Beberapa hari yang lalu di tengah kepenatan ibukota, saya memutuskan untuk pulang naik metromini. Karena badan sudah sangat capek sekali sedari pagi dan mengerjakan projekt lemburan yang tidak ber keprimanusiaan. Sesampainya di daerah kebayoran kebetulan posisi berdiri saya mendekati ke arah pintu bis bagian belakang, dekat dengan kernet yang sedang berdiri.

Apabila tinggal di Jakarta pasti mengetahui rute Kebayoran ke arah Ciledug itu luar biasa stuck nya pada waktu-waktu jam 6 sore hingga unpredictable. Yang cukup menggelitik saya adalah, kernet ini memanfaatkan suasana macet tersebut dengan ber facebook an, ya betul Sebuah platform Social Media dimana negara kita merupakan peringkat tertiga tertinggi untuk penggunanya.


Courtesy:http://bit.ly/VdlB5V


Iseng-iseng saya nanya dan kurang lebih begini percakapan nya.
S: Saya
K: Kernet

S: Handphone nya bagus bang
K: Ah, abang ini jangan mengejek lah. Cuma handphone cina ini (Orang medan rupanya kernet ini)
S: Oh, kirain baru bang dipegang mulu
K: Lagi Facebook an aku ini bang, sama keponakan aku di kampung
S: Loh, kenapa gak telfon aja? Atau sms?
K: Kalo telfon aku cuman bisa mendengar suaranya saja dan kalo sms, gak ada geregetnya
S: Terus kenapa milih facebook?
K: Kalo dari sini (Facebook) paling tidak aku bisa bersilaturahmi dengan saudara-saudara aku yang lain, keponakan aku ngomong apa nanti adek aku ikutan nimbrung. Seru jadinya bang
S: Wah, mantap kali abang ini (saya bercandain dengan mengikuti logat beliau)

Lalu percakapan pun saya hentikan disitu karena saya sudah sampai di tempat tujuan. Teringat dengan percakapan singkat dengan kernet tersebut. Ada sesuatu yang membuat saya tergelitik, seorang kernet dengan (maaf) tingkat pendidikan yang tidak terlalu tinggi saja bisa memanfaatkan media tersebut dengan maksimal.

Sesuai dengan awal tujuan dari dibentuknya social media ini terbentuk, mengingat pekerjaan saya juga dibidang social media. Yang bikin lucu dengan banyaknya orang bikin account palsu/anonim tidak jelas juntrungannya mau kemana (udah ada sih kajiannya, cuman menurut hemat saya tidak penting untuk didiskusikan karena memang ini kaum-kaum oportunis aja)

Lalu pada malam berikutnya ada, tukang siomay yang biasa lewat di depan kost an saya di atas jam 10 malam, kami sudah akrab sekali karena hampir 3 tahun saya kost disitu dan pedagang ini lah yang mengisi perut saya apabila telah larut malam.



Percakapan pun berlangsung sembari saya makan siomay yang saya pesan dari beliau.

A: Abang Siomay
S: Saya

A: Bang, punya modem Sm*rtfr*n gak bang?
S: Punya bang, biasa saya pake kalo koneksi utama saya bermasalah. Kenapa emang bang?
A: Enggak ini kan saya baru beli modem tapi kok lelet banget ya? (sambil menyodorkan modem tersebut ke tangan saya) Sebelumnya saya pake Sm*rtfr*n, cuman kemarenan itu gak sengaja didudukin jadi patah.
S: Oh, kalo ini leletnya kenapa? Jaringannya mungkin
A: Bisa jadi bang, soalnya saya kira semua kartu sama aja jadi ya saya asal beli aja, udah dipaketin sebulan lagi.
S: Lagi hujan mulu mungkin, coba aja pake dulu, sayang-sayang udah dipaketin juga, ntar kalo emang masih lelet dan paketnya udah abis pake punya saya aja. Lagian emang abang online apaan?
A: Saya online Youtube bang, nyari resep-resep siomay, sekalian ngajarin anak kalo bikin apa-apa, bukannya apa-apa bang, saya ini sekeluarga males baca, kalo ngeliat dari Youtube kan bisa langsung mempraktekkan, kalo ada yang salah tinggal di balikin (Rewind maksud beliau)
S: Wah, hebat banget bang, Mantap! Pantesan makin enak nih Siomay
A: Ah bang namanya juga saingan makin-makin nambah ya harus nyari strategi lain.

Sekali lagi percakapan berakhir karena telah terlalu larut dan beliau mau lanjut keliling lagi untuk berdagang. FYI aja ya, Abang Siomay ini lulusan SD, dulunya berjualan abu gosok secara keliling dan rumahnya masuk gang-gang kecil dan kumuh. (Kebetulan lebaran kemarin, saya dan anak-anak kost an yang gak bisa pulang karena pekerjaan, bersilaturahmi ke rumah beliau yang tidak terlalu jauh dari domisili saya)

Luar biasa sekali terpaan dari Social Media ini, bahkan bagi orang-orang ini manfaatnya berdampak baik bagi kehidupannya. Dimulai dari kernet di atas tadi untuk bertemu kangen secara Digital dengan keluarganya dan Abang siomay tadi yang berinovasi untuk bisnisnya.

Saya tidak tahu mau ditutup seperti apa tulisan ini, hanya agak miris kalo mendengar berbagai keburukan baik secara kecil maupun massive melalui platform ini. Mengingat disisi lain, kebaikannya memberikan dampak positif bagi semua kalangan. Termasuk Kernet, Abang Siomay, Saya dan Anda sebagai pembaca.

emoticon-Smilie
0
4.7K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan