Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

LisannaAvatar border
TS
Lisanna
UMP terlalu tinggi Industri garmen & sepatu niat hengkang ke Myanmar

Kenaikan upah minimum hingga lebih dari 40 persen pada tahun 2013 mendatang menjadi beban yang sangat berat bagi pengusaha, khususnya yang bergerak di bidang industri garmen dan sepatu. Pasalnya, kedua industri tersebut sebagian besar berskala kecil menengah dan bersifat padat karya.

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengungkapkan, banyak para pengusaha garmen dan sepatu yang sudah berancang-ancang relokasi ke Myanmar pada tahun depan.

"Sudah banyak yang bicara sama kita, sekarang Myanmar kan sangat menarik sekali. Terutama yang asing milih ke sana, yang sepatu, yang garmen," tutur Ketua Umum Apindo Sofjan Wanandi kepada Sindonews setelah menghadiri acara talkshow Power Breakfest MNC Business di Menara MNC, Jakarta, Kamis (22/11/2012).

Sofjan mengatakan, industri tekstil dan sepatu menyerap tenaga kerja hingga tiga juta orang. Artinya, tiga juta pekerja saat ini terancam akan menjadi pengangguran bila para pengusaha tekstil dan sepatu melakukan relokasi ke Myanmar. "Tekstil sama sepatu itu tiga juta yang kerja," sebutnya.

Komponen upah pada kedua industri tersebut, jelas Sofjan, mencapai 35 persen dari total biaya produksi sehingga wajar bila mereka adalah bidang industri yang paling terpukul oleh kenaikan upah minimum. "Tekstil 30-35 persen, sepatu 32 persen untuk upah," terang dia.

Untuk menghindari terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran yang akan terjadi jika para pengusaha tersebut memindahkan lokasi usahanya, Ketua Umum Apindo ini mengaku berusaha mencegahnya dengan meminta mereka relokasi ke Jawa Tengah saja, bukan ke Myanmar. "Saya bilang pindah saja ke Jawa Tengan yang UMP-nya masih 1 jutaan," tutup Sofjan.
0
4K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan