Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

botaxculAvatar border
TS
botaxcul
Pertemuan Raja-Raja Tanah Timor - REONI NONOT PIT'AI UF
Selamat pagi agan semua..semoga informasi ini dapat bermanfaat buat agan semua..langsung aja cekidott.


Pertemuan Raja-Raja Tanah Timor - REONI NONOT PIT'AI UF

Pertemuan ini baru saja dilaksanakan pada tanggal 15 November 2012 di desa Nenas, kecamatan Fatumnasi, Timor Tengah Selatan,NTT. Terletak disebuah desa yang berada di kaki Gunung Mutis dengan ketinggian 2427mdpl
Salah satu hal yang diangkat dalam pertemuan tersebut adalah ' Selamatkan Hutan, Serukan Gerakan Tanam'. Karena masih banyak masyarakat yang melakukan sistem tebas bakar dan ini sangat berdampak negatif terhadap ekosistem. Oleh karena itu Lembaga Adat perlu mengambil bagian dalam Upaya Penyelamatan Hutan.

Spoiler for Gunung Mutis:


Spoiler for Gunung Mutis:



Spoiler for penjaga gunung mutis:


Spoiler for Usif-Raja:


Spoiler for Usif dan kepal desa:


Reoni Nonot Piu'ai uf.. adalah pertemua raja-raja sedaratan Tanah Timor, yang biasanya disebut usif.. ada banyak raja ditanah timor mulai dari utara hingga selatan, dari barat sampai timur. Biar pun tanah timor sudah terbagi menjadi dua Negara Indonesia dan Timor Leste, akan tetapi pertemuan raja-raja ini tidak mengenal batas dua negara tersebut.
Spoiler for pic:


Mereka lebih melihat pada kearifan lokal yang berpegang pada filosofi tarian Bonet : Tarian Bonet dapat diikuti semua orang, baik laki-laki dan perempuan, tua dan muda, tanpa membedakan status sosial. Untuk melakukan tarian Bonet, para penari bergandengan tangan, kecuali di wilayah Amanatun, melipat tangan ke dada dan siku saling bertumpuan. Bentuk tarian yang melingkar mempunyai makna tersendiri. Bentuk tarian yang melingkar mempunyai makna tersendiri. Bentuk bundaran memiliki makna bahwa sesuatu yang bulat itu mempunyai kesatuan dan keutuhan. Di dalam kesatuan dan keutuhan, para penari memiliki kesatuan berpikir, berkata dan berbuat. Segala keberhasilan dan kemenangan yang dicapai di dalam perjuangan merupakan bukti adanya kebulatan hati, kebulatan berpikir, seia-sekata dan keseragaman dalam bertindak dengan segala kemampuan dan kekuatan yang ada secara bersama-sama. Bonet juga merupakan wadah pancaran pujaan bagi yang diagungkan, yang senantiasa memberi terang dan tuntunan di dalam perjuangan hidup. Para penari yang bergandengan tangan secara ketat juga mengandung makna pula bahwa di dalam lingkaran kehidupan terdapat rasa cinta kasih, hidup dalam kegotong-royongan, saling menolong dalam suka dan duka.
Spoiler for pic:



Spoiler for pic:


Apabila tidak bergandengan tangan, maka masing-masing akan berdiri sendiri, tidak bersatu, arti kemanusiaan akan hilang, tidak bertahan dalam menghadapi tantangan. Di sini pandangan terhadap sesama adalah sama dan sederajat, bahkan dalam penghayatan lebih dalam, “saya tidak akan hidup dan berguna tanpa engkau dan sebalikanya”. Ini merupakan filosofi kehidupan sebuah masyarakat yang mungkin dapat digali lebih dalam secara ilmiah oleh para pakar kebudayaan. Antara tarian, pantun dan lagu merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi dan mendukung, sehingga tarian Bonet menjadi hidup dan bersemangat.
Spoiler for pic:



Spoiler for tarian bonet:


Semoga semangat Raja-Raja Timor untuk menjaga hutan terus ada dan kita juga tetap ikut menjaga hutan dengan cara kita sendiri.
Semoga bermanfaat bagi agan semua..mohon dibantu ya agan-sista
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh botaxcul 21-11-2012 02:50
0
3.5K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan