Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

flo6sossAvatar border
TS
flo6soss
Gili Kondo, Secuil Surga di Lombok Timur
Jika orang bicara Lombok, 'mindset' banyak orang pasti langsung mengarah ke Gunung Rinjani atau pulau-pulau kecil yang biasa disebut gili.Gili yang sudah terkenal yakni gili trawangan, gili air, maupun gili meno. Sekarang saya ingin memperkenalkan gili yang juga ada di lombok, namun belum begitu terkenal, tetapi justru lebih terjaga dibanding yang sudah terkenal itu, yaitu Gili Kondo.

Spoiler for Gili Kondo:


Perjalanan saya ke Gili Kondo sebenarnya bukan merupakan wisata utama saya, karena tujuan utama saya ke lombok pada saat itu adalah untuk menggapai puncak Gunung Rinjani. Namun setelah Puncak Gunung Rinjani berhasil dicapai maka saya dan ketiga teman saya ingin menikmati keindahan Gili-gili yang ada di Lombok.

Pada awalnya saya sangat ingin menikmati gili trawangan, namun karena kendala waktu dan jarak yang lebih mudah ditempuh dari jalur turun gunung saya, maka teman yang mengantar saya menyarankan untuk berangkat ke gili Kondo. Selain alasan jarak dan waktu, teman saya merekomendasikan Gili Kondo, karena menurutnya disana lebih eksotis daripada gili trawangan yang sudah padat dengan penginapan dan berbagai fasilitas yang mengurangi keindahan sebuah gili.

Sekitar jam 9 pagi kami berangkat dari wilayah Senaru menuju Gili Lampu yang merupakan pantai penyeberangan ke Gili Kondo. Setelah perjalanan sekitar 1,5 jam, kami sampai di Gili Lampu. Beruntungnya kami adalah mendapat fasilitas penyeberangan gratis dari pengusaha rumput laut baik hati yang ingin meninjau lahan rumput lautnya. Penyeberangan menggunakan perahu motor nelayan yang cukup cepat. Sekitar 45 menit peneberangan, kami pun sampai di Gili Kondo yang amat Indah.

Spoiler for Perahu bersandar di pantai tanpa dermaga:



Hamparan pasir putih yang cukup luas, birunya laut yang memiliki gradasi warna akibat berbeda kedalaman, dan cerahnya langit ditambah awan yang menggumpal menambah keindahan di pulau kecil ini. Air di pinggir pantainya sangat jernih, sehingga kita bisa melihat terumbu karang yang cantik. Pemandangan di seberang pulau pun tidak kalah indahnya. Jika kita menghadap ke barat, maka kita akan melihat pulau Lombok yang gagah dengan perbukitannya dan awan yang menggantung bagi selendang perbukitan. Mengalihkan pandangan kita ke arah timur maka kita akan menyaksikan gugusan pulau Sumbawa besar dan kecil yang begitu memesona. Saat kita menghadap utara, maka Gili Bedagan dan Bidara akan terlihat cantik dengan bibir pantai berwarna putih bersih.



Gili Kondo sendiri, nama aslinya adalah Gili Bagik. Namun pihak pengelola, mengubah namanya menjadi Gili Kondo. Gili kondo yang asli luasnya lebih kecil dibanding yang sekarang. Gili Kondo dijaga sekitar 3-5 orang pengelola. Untuk yang ingin menginap jangan khawatir, karena ada fasilitas cottage yang terbuat dari kayu yang sangat eksotis. Persediaan air bersih pun cukup memadai di sini. di pinggir pantai ada beberapa tempat bilas yang terbuat dari anyaman bambu dengan shower di dalamnya. Ada juga makanan yang dijual oleh pengelola. Jika ingin menyewa alat snorkeling, maka cukup mengeluarkan uang sebesar 25 ribu rupiah untuk masa sewa sehari alias sepuasnya.

Jika berkunjung ke Lombok maka jangan lupa untuk datang ke Lombok timur, tepatnya ke Gili KOndo, Gili Bidara, dan Gili Bedagan. Sungguh kalian akan menyaksikan secuil surga yang ada di dunia. Dari sini pula kita bisa makin cinta sama Indonesia emoticon-I Love Indonesia (S)



Klo yg suka boleh lah dilemparin yg seger2 emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast


0
3.3K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan