Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

naikbecakAvatar border
TS
naikbecak
Ini Satwa-satwa Eksotis Asli Indonesia Yang Telah Punah
Sejak dahulu Indonesia dikenal mempunyai keanekaragaman hayati flora dan fauna yang melimpah dan mengundang iri bangsa-bangsa lain yang ada di dunia ini.

Banyak flora dan fauna eksotik yang hanya bisa ditemukan di Indonesia. Contohnya lihat saja Babi Rusa, Burung Cenderawasih, Badak Bercula Satu. Hewan-hewan langka tersebut hanya hidup di Indonesia dan mereka langka dan dilindungi.

Banyak hewan langka yang sudah punah di Indonesia seperti beberapa spesies hewan yang karakteristiknya amat unik dan berbeda dengan yang ditemukan di negara dan benua lain.

Ini beberapa diantaranya:
1. Harimau Jawa
Pada tahun 1950-an dilaporkan hanya ada tinggal 25 ekor saja. Lalu pada tahun 1979 dilaporkan hanya tinggal 3 ekor saja, hingga akhirnya harimau terakhir yang bertahan mati di tahun 1980.


Foto terakhir yang didapatkan mengenai Harimau Jawa tahun 1938 di Ujung Kulon

Harimau Jawa memiliki tubuh yang lebih besar dari Harimau lain di berbagai daerah di Indonesia. Bobot rata-ratanya untuk jantan antara 150-200 kg dan panjang rata-rata untuk harimau dewasa adalah 2,5 meter.

2. Harimau Bali
Harimau Bali telah dinyatakan punah tanggal 27 September 1937. Harimau ini adalah jenis harimau terkecil dari semua jenis harimau di yang ada di dunia.


Foto Harimau Bali yang dijerat warga pada zaman kolonial.

Walau ukurannya kecil, ia memiliki warna kulit atau loreng yang terang dari semua jenis harimau. Hal inilah salah satu penyebab mengapa jenis ini sangat banyak diburu hingga akhirnya punah. Keunikannya tidak ada yang menandingi.

SUMBER
0
3.3K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan