Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

torkaAvatar border
TS
torka
ISP Indonesia Membuat Google Down
Layanan Google di sebagian dunia sempat terhenti Selasa (6 November) kemarin. Selama hampir 26 menit, layanan Google tidak bisa diakses pengguna internet di sebagian AS dan Hongkong. Ketika diselidiki, penyebab down-nya Google adalah kesalahan yang terjadi di Moratel, salah satu penyedia jasa internet di Indonesia.

Fakta itu diutarakan Tom Paseka, salah satu teknisi di Cloud Fire (ISP di AS) di blog-nya. Sekitar pukul 18.24 waktu setempat (atau sekitar 7.24 waktu Indonesia), Tom mendapati layanan email Cloud Fire—yang dikelola Google—terhenti. Ketika ditelusuri, koneksi antara Cloud Fire dan Google ternyata menuju dan terhenti di gateway milik Moratel.

Karena Cloud Fire berada di California dan data center Google juga berada di AS, seharusnya koneksi antar keduanya tidak perlu menuju Indonesia. Setelah diselidiki, Moratel ternyata mengalami kerusakan hardware yang menyebabkan sistemnya “mengumumkan” informasi yang salah ke BGP (Border Gateway Protocol). Fyi, BPG adalah sistem jaringan internet dunia yang mendaftar ISP mana yang memiliki IP Address tertentu.

Informasi itu menyebut Moratel memiliki IP Address data center Google, padahal tidak. Tak ayal, informasi yang salah ini terlanjur menyebabkan pengakses Google diarahkan menuju gateway Moratel, mengakibatkan layanan Google tidak bisa diakses. Masalah tersebut akhirnya bisa diselesaikan setelah Moratel memperbaiki kerusakan yang terjadi. Pada pukul 18.50 waktu setempat (atau 7.50 waktu Indonesia), koneksi ke Google berhasil dipulihkan.

http://www.infokomputer.com/berita/1...at-google-down

Wahh... sekali2nya perusahaan telco Indonesia terkenel koq malah karena ini yah emoticon-Frown

Ayo, kalo ada kaskuser engineer di Moratel, klarifikasi dong kenapa bisa gini? emoticon-Big Grin

Diubah oleh torka 07-11-2012 05:09
0
6.4K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan