Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

scooterrAvatar border
TS
scooterr
si kecil yang kuat (pelajaran berharga)


Spoiler for cek:


Ane itu ngekost di Kota Bandung, tepatnya di belakang rumah mode.
Ane kuliah di kota ini dan sekarang lagi berusaha buat terus-terusan kuliah sambil kerja sebagai jasa jual barang-barang apa aje yang bisa ane jual.
Langsung aje ya ke ceritanya. emoticon-Smilie

Tadi sore selepas maghrib ane jalan ke daerah dago, naik angkot. Vespa ane lagi ane tinggal di Bekasi. Rencananya ane mau nemuin orang yang jual helm vespa yang nantinya ane jual lagi, ada pesenan dari temen ane yang mau beli helm.
Di dalem angkot kaga ada kejadian yang bakal buat ane nangis dan berpikir bahwa ane masih jauh lebih beruntung dari yang lain.
Kejadian yang bikin ane terhenyak yaitu saat ane selesai transaksi dan mau balik arah pulang ke kostan sekitar jam 9 malem.
*loh ko jam 9?
*tadi setelah transaksi ane mampir dulu maen ke warnet yang deket sama BEC.emoticon-Hammer (S)

Back to topic
Keluar dari warnet ane nunggu angkot sambil nenteng dus isi helm. Perut ane keroncongan dan ane baru sadar seharian ini ane belom makan.

Niatnya si mau nyari makan di depan Mall BIP. Arah jalan kesana kagak jauh, dan disanalah semuanya dimulai.

Ane liat ada anak kecil lagi duduk, di depannya ada keranjang jualan, ane kaga begitu tau dah apa tuh isinya yang diplastikin.
Ane liat wajahnya udah ngantuk dan cape banget tuh.
Tapi rasa iba ane belom klimaks disitu gan, setelah ngelewatin tuh anak ternyata dia manggilin ane.
Begini percakapannya.

Anak kecil : “aa”
Ane : (masih jalan pelan kaga sadar).
Anak kecil : “a tunggu bentar.” (sambil ngejar ane).
Ane : (ane berenti jalan dan nengok ke arah tuh anak kecil) ada apa?
Anak kecil : “a tau ga jalan arah ke rancaekek?”
Ane : “aduh ga tau tuh dek, emangnya kenapa kamu nanya jalan arah kesana?”
Anak kecil : “saya nyasar a, tadi jalan terus cape jadi berenti disini.”
Ane : “emangnya rumah kamu dirancaekek?”
Anak kecil : “ia a, saya ga tau jalan pulang.” (matanya mulai berkaca-kaca).
Ane : (dalam hati ane mikir kesian juga sama nih anak, udah jualan yang berat begini malah nyasar. Jauh pula ke rancaekek. Ane masih setengah-setengah mikir antara mau bantuin dia apa kaga). “kamu sekolah ga dek?”
Anak kecil : “ia a saya sekolah, udah kelas 6 SD.”
Ane : “yaudah kalo gitu aa anter kamu pulang, mau ga?” (ane mikir waktu itu gimana kalo dia itu ade ane gan, terlebih dia masih sekolah dan ane kagak mao dia sampe kenapa-kenapa di jalan. Jadi ane bantuin tuh anak kecil).
Anak kecil : “mau a, makasih ya a”.

Sumpah demi apapun ane kagak ada maksud buat nunjukin kebaikan ane di tulisan ini, ane mau nyeritain yang sebenernya aje. Intinya bukan ada disini. Tapi di rumahnya tuh anak kecil yang ane anter tadi.
Selama perjalanan ane kagak tau kan mau naek angkot apa, jadi ane paksain buat naek taksi dah. Ane udah kaga mikirin itu ongkos taksi mahal apa kagak. Toh ane juga baru dapet rejeki dari upah yang ane terima dari barang-barang jualan yang ane jualin.
Di jalan juga ane banyak nanya-nanya sama dia namanya siapa, kenapa dia bisa nyasar jauh bener, jualan apaan, terus ortunya kerja apa, terus sekolahnya gimana, sejak kapan dia jualan kaya begituan, dan banyak dah yang laennya.
Disitu ane tau tuh anak namanya rian. Dia bilang tadi dia keasikan jalan sambil nawarin barang dagangannya, dia jualan ragi (ragi itu bahan untuk membuat tape dari singkong) sama arang (kayu yang udah gosong kebakar api) gan. Bapanya sakit katanya kaga biosa jalan dan emaknya Cuma buruh cuci pakaian tetangga. Waktu dengerin ceritanya ane miris banget gan, dia bener-bener kuat ngadepin setiap cobaan dihidupnya. Padahal dia itu masih anak SD, tapi pikirannya udah dewasa banget. Dia bilang dia jualan buat bantuin biaya hidup dia, buat sekolah dan sedikitnya buat keluarga. Kata dia kalo kaga kaya gitu dia kaga bisa sekolah gan.
Ane bangga sama si rian ini, ternyata dia itu anak yang pinter di sekolahnya. Dia cerita ke ane kalo dia dapet juara kedua di kelasnya gan. Ane salut sama dia yang tetep bisa dapet juarawalaupun dia kerja mati-matian kaya gini sampe nyasar.
Sampe rumahnya ane tambah miris, kenapa?
Rumahnya udah reot gan dan mungkin udah kaga layak huni.
Emanknya ngucapin makasih sampe nangis-nangis sama ane. Jujur saat itu ane juga nangis gan, nangis akan semua yang udah ane lakuin dimasa lalu dan ane ngerasa diri ane udah terlalu bodoh nyia-nyiain keadaan ane yang jauh lebih kuat dari si rian ini.
Emaknya cerita kea ne kalo rian itu anak yang pinter, dia kaga pernah ngeluh walaupun ke sekolah pake sepatu yang udah pada bolong-bolong.
Dan yang paling ane saluting sama dia, dia itu kuat gan. Kagak nangis alaupun tadi dia udah nyasar jauh banget dari rumahnya. Singkatnya setelah itu ane pulang soalnya udah malem gan dan ane pagi ini harus kuliah.

Disini pelajaran yang bisa kita semua ambil itu banyak banget gan, dan ane belajar banyak hal dalam waktu yang singkat saat ketemu Rian ini.
Semoga kita semua bisa belajar dari sosok Rian yang kecil tapi perkasa ini.
0
2.6K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan