sofianonlineAvatar border
TS
sofianonline
Agan Mo Qurban Dimana? (Lembaga Penyelenggara Qurban)
Assalamu'alaikum wr wb

Semoga bermanfaat buat agan-agan yang mau berqurban, and semoga ga emoticon-Repost

Quote:


Alhamdulillah, washolatu wassalaamu ‘ala Rosulillah, sebentar lagi kita akan menyambut hari raya Idul Adha, hari raya Qurban. Sekilas mereview kembali bahwa Qurban adalah sesuatu sedekah yang sangat besar. Qurban dilandasi dengan cinta kepada Alloh karena tanpa cinta mustahil ada pengqurbanan (pengorbanan) seperti yang dilakukan oleh nabi Ibrahim as dan anaknya nabi Ismail as.

Bagi Anda yang mempunyai niat berqurban namun masih merasa bingung dalam membeli hewan qurban, berikut ane sarikan beberapa lembaga keislaman yang menyelenggarakan ibadah qurban. Berqurban melalui lembaga keislaman ini dapat menjadi lebih baik karena mereka hasil sembelihan benar-benar disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan. Mengingat pada setiap Idul Adha benyak sekali kelebihan daging qurban terutama di Jakarta. Malah terkadang apa yang kita qurbankan (walaupun kita berhak mendapat 1/3 sembelihan) tidak tepat sasaran, hanya menjadi ajang pesta sate, sop, dan kegiatan lain untuk diri sendiri. Perlu diingat juga bahwa panitia qurban tidak berhak mendapatkan daging qurban, kecuali termasuk golongan yang berhak.

Namun perlu diingat juga dalam memilih suatu lembaga penyelenggara qurban agar sebaiknya ada bukti bahwa hewan yang disembelih benar2 atas nama kita dan dalam keadaan sehat layak untuk diqurbankan, paling tidak berupa foto (saran juga nih untuk lembaga2nya).



Tahun kemarin ane pernah menyarankan teman ane untuk berqurban di salah satu lembaga, namun setelah transfer, tidak ada konfirmasi yang jelas mengenai qurbannya. Jadi bertanya2 apakah memang benar sudah dilaksanakan atau belum. Wallohu’alam, semoga Alloh tetap mencatat apa yang sudah diniatkan.

Berikut info lembaga/yayasan yang menyelenggarakan qurban, silahkan klik pada gambar untuk menuju websitenya.

1. Dompet Dhuafa – Kurbanku, Saksiku



Dompet Dhuafa membawa ust.Arifin Ilham sebagai ikonnya & beberapa artis lain. Sebagai bentuk transparansi dan pertanggungjawaban publik, Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa mempublikasikan daftar nama pekurban dan perolehan kurban setiap hari melalui web site dan Harian Republika. Setiap hari, ribuan nama dicatat kemudian ditayangkan di koran dengan ukuran satu sampai dua halaman penuh. Pekurban dapat mengecek apakah namanya telah tercantum atau belum? THK Dompet Dhuafa setiap tahun diaudit baik audit syariah, audit program, maupun audit professional dari lembaga audit terkemuka dunia. Selain di Indonesia tebar qurban juga dilaksanakan di negara miskin lain seperti Somalia th.2011 lalu. Dompet Dhuafa pekan lalu mengirim Tim Kemanusiaan gelombang kedua ke Somalia untuk melaksanakan amanat masyarakat yakni memotong hewan kurban di daerah kamp pengungsi Somalia di Dadaab, perbatasan Somalia dengan Kenya. Untuk seekor domba/kambing seharga Rp 1.250.000, sedangkan harga sapi Rp 8.999.000,



2. PKPU – Sebar Qurban Nusantara



Walaupun melalui tagnya Sebar Qurban Nusantara, PKPU tidak hanya memfokuskan penyebaran qurban didaerah2 rawan pangan dan minus seperti bencana, gempa, dan kemiskinan mulai dari Aceh hingga Papua. Namun juga ke negara lain seperti Somalia sebanyak 1000 ekor pada 2011, Ethiopia, Rwanda, Sudan, Nepal, Mongolia, Pakistan, dan Rohingya Myanmar.Dengan pengalaman 11 tahun dan profesionalitas, PKPU mampu untuk mengelola dana qurban serta memberikan yang terbaik. Untuk satu ekor kambing seharga Rp 1.300.000, sedangkan satu ekor sapi seharga Rp 9.100.000, kemudian 1/7 sapi seharga Rp 1.400.000,



3. Laznas BSM (Bank Syariah Mandiri)



Ane dapat info tentang laznas BSM ketika lagi ngurus inet banking di BSM Saharjo. Laznas BSM berdiri sejak 2009 dan baru Desember 2011 kemarin ditetapkan sebagai lembaga resmi penerima Zakat oleh Ditjen Pajak Kemenkeu sehingga zakat yang kita salurkan bisa mengurangi pajak. Laznasbsm juga telah banyak memberikan bantuan kemanusiaan seperti bencana, bantuan untuk Rohingnya dan lain-lain. Untuk program Qurban sendiri mempunyai slogan “Qurban menjangkau pelosok”. Untuk seekor kambing seharga Rp 1.250.000, harga sapi Rp 9.100.000, sedangkan 1/7 sapi seharga Rp 1.400.000,-.



4. KISPA (Komite Indonesia untuk Solidaritas Palestina)



Nah bagi Anda yang ingin berqurban untuk saudara2 kita di Palestina terutama wilayah Gaza yang porak poranda, KISPA menerima dan menyalurkan Qurban Anda dengan tepat. Namun harga yang keluarkan per ekornya terbilang lebih mahal daripada yang lain yaitu sebesar Rp 2.500.000,- mungkin karena lokasinya yang sulit. Waktu penyetiran dananya pun dibatasi hanya sampai 23 Oktober 2012. KISPA yang didirikan sejak 2002 mempunyai visi membangkitkan semangat rakyat Indonesia untuk peduli terhadap perjuangan bangsa Palestina meraih kemerdekaan, khususnya dalam menjaga kesucian Masjid Al-Aqsha. Sedangkan misi kemanusiaan yang mereka lakukan telah banyak kita saksikan diantaranya pengiriman relawan di kapal Freedom Flotilla yang ditangkap tentara Israel biadab beberapa waktu lalu.



5. Daarul Qur’an – Quis (Qurban Istimewa)



Tak ketinggalan Darul Quran yang didirikan Ust.Yusuf Mansur ini juga menyelenggarakan program Qurban. Untuk yayasan yang satu ini mungkin kita tidak asing lagi karena sudah sering melihat tayangan di televisi mengenai program kemanusiaannya melalui rumah tahfizh dan program sedekahnya yang banyak dirasakan oleh umat. Untuk seekor kambing seharga Rp 1.345.000 1 orang atas nama, dan harga sapi Rp 8.910.000,- 7 orang atas nama. Di websitenya bisa kita lihat jumlah hewan qurban yang telah terpesan.



6. ACT – GlobalQurban



Berikutnya adalah GlobalQurban dari Aksi Cepat Tanggap. ACT adalah sebuah lembaga kemanusiaan yang mengkhususkan diri pada penanganan bencana alam dan bencana kemanusiaan secara terpadu, dari mulai emergency, rescue, medis, relief, hingga rekonstruksi dan recovery (pemulihan). Sejak 2005 juga bergerak di bencana sosial/kemanusiaan. Global Qurban yang diusung ACT memfokuskan penyaluran tidak hanya di Indonesia tetapi juga secara Global, diantaranya Rohingya, Palestina, Somalia, dan Suriah. Untuk harganya berbeda-beda tergantung daerah penyaluran qurban yang dapat dilihat pada tabel berikut.




7. Rumah Zakat – Super Qurban



Yang terakhir adalah Super Qurban dari rumah zakat. Ini adalah program qurban terunik dengan ide cemerlang dari sebuah hadits Bukhori Muslim.

Dari Aisyah r.a, beliau berkata, “Dahulu kami biasa mengasinkan (mengawetkan) daging udhiyyah (qurban) sehingga kami bawa ke madinah, tiba-tiba Nabi saw.bersabda “Janganlah kalian menghabiskan daging udhiyyah (qurban) hanya dalam waktu tiga hari”.
(HR. Bukhari-Muslim)

Superqurban adalah program optimalisasi pelaksanaan ibadah qurban dengan mengolah dan mengemas daging qurban menjadi kornet yang dikalengkan. Kegiatan ini sudah dirintis Rumah Zakat sejak tahun 2000. Ane sendiri pernah ikut berqurban via Rumah Zakat. Karena kita berhak mendapat jatah 1/3 hewan qurban, setelah mendaftar langsung ditawarkan beberapa kaleng kornet (1/3 dari total daging qurban yang disembelih) untuk dibawa. Namun ane tolak biar pahalanya lebih pol, lagian daging yang dikornetin kan bukan hewan sembelihan punya ane. Dengan cara pengawetan ini, daging hasil qurban dapat lebih optimal digunakan oleh kaum yang membutuhkan. Penyalurannya selain daerah miskin di Indonesia juga mencakup negara2 miskin di Afrika seperti Somalia. Berikut kelebihan super qurban:

-Sesuai Syariah
-Bentuk aktualisasi dari inspirasi Nabi Yusuf as dalam pengembangan ketahanan pangan nasional
-Praktis, mudah dibawa, mudah dibuka, minim resiko
-Hewan Qurban dipelihara dalam peternakan modern, lebih terjamin kesehatannya
-Tahan 3 tahun
-Mutu daging No. 1 (semua daging diolah menjadi kornet)
-Didistribusikan lebih terarah & terencana sepanjang tahun
-Distribusi menjangkau daerah pelosok Indonesia
-Terbukti efektif bantu korban bencana
-Memberdayakan masyarakat lokal
-Logistik tepat untuk CSR
Untuk seekor kambing seharga Rp 1.400.000 (min 30 kaleng @200gr) dan harga sapi Rp 12.000.000 (± 350 kaleng @200gr). Terlihat lebih mahal namun sudah mencakup hewan qurban, biaya pengkornetan, pengemasan, pengiriman, operasional, dan penyaluran. Selengkapnya bisa dilihat/download melalui katalognya di sini.

Sumber
0
5.5K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan