WanKhilafahAvatar border
TS
WanKhilafah
Politik Penyediaan Air Minum
Ass.wr.wb.
Tidak banyak orang tahu bahwa penyediaan air minum masyarakat adalah bagian dari politik. Politik disini dalam arti pengurusan urusan umat dalam rangka terpenuhinya akses terhadap air minum secara gratis.
Rosulullah saw bersabda, "manusia itu berserikat dalam tiga hal, air, padang rumput, dan api".
Berserikat adalah memiliki secara bersama, karena dalam tiga hal diatas manusia tidak memiliki kontribusi apapun untuk menghasilkannya, sehingga tidak memungkinkan baginya untuk memilikinya yg menjadikan manusia lainnya terhalang untuk mendapatkannya.
Untuk menjamin perolehannya atas setiap diri manusia maka diperlukanlah pengaturan yang dalam hal ini tidak bisa tidak melainkan harus diatur oleh negara. Karenanya pengelolaan terhadap sumber daya air, yang salah satunya berupa penyediaan air minum, merupakan bagian dari politik.

Fakta saat ini :
(1) Akses perolehan air minum banyak menjadi masalah bagi masyarakat kelas ekonomi bawah
(2) Banyaknya sumber-sumber mata air dan air permukaan (danau, waduk) yang dikuasai oleh segelintir orang, perusahaan, pemodal, yg menyebabkan manusia lain terhalang untuk memperolehnya.
(3) Semakin banyaknya sektor swasta merambah bisnis air
(4) dll.
yang semuanya itu menunjukan satu hal yg sama, yakni negara tidak melakukan fungsinya dalam penyediaan air minum seperti yg semestinya dilakukan.

Apa yang salah dengan negara ini?
nona212
nona212 memberi reputasi
1
2.3K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan