Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

meri_entogAvatar border
TS
meri_entog
[Hati-Hati] Banyak Copet di Gasibu Bandung [saya sajikan modus copetnya]
selamat jam 00.05 kaskuser..
mau share nih mengenai maraknya aksi pencopetan di Gasibu, Bandung (gd. Sate sampe Monumen Perjuangan) terutama pada hari minggu.

Yang orang Bandung pasti dah pada tahu kan Padatnya Gasibu pada hari minggu, dan saya adalah salah satu dari sekian banyak mannusia itu, udah setahun ane Dagang di Gasibu jadi ane lumayan hapal.

Posisi copet biasanya beroperasi di semua sudut keramaian Gasibu, tapi karena saya jualannya di sekitar Jalan wirayuda (pertamina ke atas) dan jalan yg depan Telkom, jadi saya hanya bsa melihat aksi2 mereka di sekitar jalan ini.

waktu operasi mereka antara jam 7 kadang jam 8 sampe jam 10/11 siang. mereka bergerombol antara 5-8 orang bahkan 10 mungkin kalo digabungin jadi satu, dan mereka mempunyai tugas dan fungsi berbeda2.

Modusnya
1. Mengincar Target
kriteria target
- cewe atau bapak-bapak bahkan kadang2 laki2 berperawakan gede pun kena jua
- menyimpan hp/dompet,uang di saku atau tas dan mencolok dr luar
- sibuk sndiri (ngobrol, dengerin hp, banyak nglamun, dll)

2. mengikuti target
ketika target dah ketemu mereka akan mngikuti sampai ke daerah yg rame dan tanpa target sadari dia sudah ada di tengah kawanan copet, jadi copet itu jalan biasa di samping kiri-kanan, dpan-blakang target, dan tanpa disadari oleh target mereka adalah kawanan.

3. menjatuhkan benda (kertas, roko, dll)
setelah kondisi sudah spt point 2, maka salah satu copet akan menjatuhkan benda, biasanya yg bertugas menjatuhkan benda jalan dr arah berlawanan target, ketika papasan dia menjatuhkan benda, dan ngambilnya itu sambil narik2 celana dan kaki, copet yg di samping kiri kanan mepet, menciptakan suasana bingung pada target, bahkan target nurut aja di geser2, ditarik2, yg dibelakang (atau yg lain) dgn gampangnya mengambil harta incaranya.

4. selesai
dgn cepat harta sudah berpindah tangan. dan akan ters berpindah2. di oper2 trs ke komplotan yg lain, jadi ketika target sadar dan org yg diduga kena ga akan ditemukan barangnya, karena sudah berpindah2.

tambahan
- sering saya liat copet itu ketika tertangkap tangan ketahuan dan sudah mengambil barangnya, dia akan ngasih lg, sambil bilng bahwa copetnya sudah lari, pdhal dia sendiri dan komplotanya.
- ketika ketahuan tp lum ngambil barang dia akan ngeles mau ambil barag yg jatuh tadi.
- ketika target sadar dan baragnya dah hilang dia akan bingung, dan ada org disampingnya yg mencoba iba sambil blg macm2 dan ngasih tau copetnya pergi ke arah tertentu (padahal bukan kesitu krn org ini adalah kawanan copet jg yg tugasnya demikian)
- makin hari jumlah kawanan copet makin nambah, minggu kemarin saya liat ada 4 org lg yg baru


ciri2 kawanan copet
- bergerombol banyak jumlahnya
- berbicara bahasa daerahnya (Kata teman mah itu bahasa Palembang, ga ada maksud SARA, maaf)
- memakai jaket, membawa jaket yg kadang ga dipake2,itu buat ngumpetin barang curiannya
- ada 1 org paling tinggi, ini yg tugasnya nyesatin target ketika sadar
- ada yg spt petugas intel pake jaket item, agak gendut, tugasnya ga tau apa, tapi dia cuma mantau aksi, jaraknya ga jauh dr TKP.membawa plastik kresek ntah isinya apa
-dll
semua pedagang pasti dah hafal cuma takut, ga ada yg berani, dan anehnya saya yakin laporan dah ratusan tapi ga ada petugas, paling ptugas yg ngatur lalu lintas jalan.

waspada, Tips dr saya:
- jangan bawa brg berharga
-simpan dompet/hp di bagian yg paling aman
-jgn ngalamun wae
-jika menemukan hal2 yg saya sebutin di atas, siap2 waspada dan pegang semua barag2, lebih baik curiga dan hati2 dari pada jadi korban.

-
Diubah oleh meri_entog 31-12-2012 10:36
0
10.8K
148
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan