Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

TeknisiLaptopAvatar border
TS
TeknisiLaptop
[TIPS] Memilih tempat service laptop / notebook yang tepat


Quote:


nah kali ini ane mencoba membagi informasi, dan sedikit pengalaman ane tentang menilai suatu tempat layanan service yang patut dipilih…

Kategori yang ane sebutkan disini saling berkaitan satu sama lain, jd tidak ada prioritas dalam penomorannya, yuk..kita mulai dari yang gampang di lihat dulu sampai ke yang susah terlihat...

Quote:



1.\tTOOLS – Perlengkapan peralatan kerja




Suatu tempat service harus mempunyai perlengkapan peralatan kerja yang memadai, tapi cukup mumpuni untuk bisa menunjang ketrampilan kerjanya, yang terpenting, teknisi tersebut sanggup dan mahir menggunakan alat tersebut,

alat yang terlampau kuno dan murah akan menghambat prestasinya, dikarenakan tidak mempermudah pekerjaannya, sedangkan alat yang terlalu canggih dan mahal, akan membebani operation cost dan break even point (bep) yang akan berdampak dengan tingginya biaya yang akan di kenakan pada pelanggan, dan justru akan menjadi bumerang bagi persaingan di dunia usaha.

Quote:




2.\tSPARE PART – Suku cadang



Apalah artinya perbaikan jika kita mengetahui kerusakan tapi tidak mempunyai suku cadang pengganti? Ketersediaan suku cadang, merupakan hal yang utama, kerusakan suatu bagian kadang melibatkan komponen yang rusak yang harus dicarikan penggantinya untuk bisa berfungsi kembali,
Quote:





3.\tCUSTOMER TESTIMONIAL – kesaksian konsumen



Point ini cukup penting, mengingat anda bisa dapatkan rekomendasi dari teman, keluarga, orang yang anda kenal, atau kesaksian orang lain (jika ONLINE), umumnya orang merasa point ini sebagai salah satu unsur utama kepercayaan kepada suatu layanan, terlepas apapun itu..

tapi hati-hati juga terhadap testimoni palsu yang bisa dimanipulasi, contohnya
1.\tdi website, krn bisa dibuat dengan menambahkan foto dan karangan kata.
2.\tdi forum, dengan membuat kloningan id yang memberi testimoni palsu
3.\tdi Facebook, dengan tagging dan memberi komentar
4.\tMembeli testimoni

Testimoni adalah suatu bentuk pernyataan kepuasaan konsumen terhadap bentuk layanan yang diperoleh.
Quote:





4.\tWARRANTY – Jaminan Garansi



Suatu produk atau pekerjaan jasa juga memerlukan jaminan purna jual berupa jaminan garansi, garansi yang diperoleh harus jelas tentang apa saja yang dicover, untuk kondisi bagaimana dan sepanjang apa masa garansinya, biasanya teknisi akan memberitahukan bagian2 tertentu yang mengalami kerusakan, walaupun tidak harus detail, tapi bagian modul utama seperti Mainboard, VGA, LCD, keyboard, RAM, Processor, harus jelas diketahui untuk mengerti cakupan daripada garansi tersebut,

tentunya syarat dan ketentuan garansi dan cakupannya masing2 menurut kebijakan penyedia produk atau jasa

Quote:





5.\tPORTFOLIO – Kumpulan pekerjaan



Tidak ada salahnya menampilkan suatu hasil karya kepada pelanggan, menunjukkan bahwa pekerjaan sudah atau sedang dilakukan dalam berbagai bentuk media, baik gambar ataupun video, hal ini tentunya akan menambah perbendaharaan karya teknisi tersebut, sebagai maklumat akan keberhasilannya memperbaiki barang yang rusak disamping menunjukkan existensinya sebagai penyedia jasa yang handal

Quote:





6.\tVALUE ADD & FEATURES – Nilai tambah dan fitur



Yang membedakan suatu layanan service dengan yang lain adalah Nilai tambah dan fiturnya, ada banyak hal yang biasa ditambahkan sesuai kreatifitas sang penyedia jasa layanan, misalkan penambahan paket pendinginan laptop, instalasi perangkat lunak, paket pembersihan exterior dan interior, gratis pembersihan virus, dll, tujuan daripada penambahan fitur juga baik bagi keawetan hasil kerja kita juga

Quote:





7.\tHOSPITALITY & COMMITMENT – Keramahan melayani & komitmen




Keramahan melayani merupakan suatu kenyamanan yang berhak diperoleh pelanggan, kebanyakan calon pelanggan yang datang ke tempat service umumnya mengalami musibah & moodnya biasanya kurang baik, sedikit senyum & hormat akan meringankan beban pelanggan. menjawab pertanyaan pelanggan sebatas tidak memberi harapan terlalu besar dan sesuai pengalaman kerja.

Komitment melayani dengan berusaha memberikan penjelasan yang benar, menggunakan pengalaman dalam menilai jenis kerusakan lebih baik, terkesan professional, dibanding menakut-nakuti pelanggan dengan melebih-lebihkan kerusakan atau memberi harapan besar tanpa pertimbangan kemampuan diri

Quote:






8.\tTRANSPARANCY & RESPONSIBILITY – Jujur dan bertanggungjawab


Hal terakhir yang tersebut disini bukan karena merupakan faktor yang diabaikan atau tidak penting, sebagai point yang tidak terlihat, tapi penting sekali mengingat sebagai salah satu aspek kepercayaan pelayanan kepada pelanggan yang paling diutamakan

Quote:


Kadang kita menemui kasus “teknisi nakal”, contoh oknum teknisi nakal yang tidak bertanggung jawab adalah yang paling dibenci oleh pelanggan dan oleh rekan sejawat teknisi lain, karena ulah mereka merusak image pekerjaan teknisi lain yang baik

contoh kasus “teknisi nakal” dengan tidak bertanggung jawab, dan sengaja,

1.\tmeniadakan/menukar/mengambil komponen2 di dalam barang yg dikerjakan, baik yang berhasil atau gagal tanpa sepengetahuan pemilik barang,
2.\tMengerjakan barang tanpa memperhatikan kerapihan pemasangan, terutama banyaknya bagian baut yang patah, salah pasang baut yang membuat kerusakan body, dan baut2 yang hilang
3.\tMenyebabkan kerusakan pada bagian body luar akibat keteledoran dan tidak mau bertanggung jawab.

Quote:




Thread tips berguna ini dipersembahkan oleh id richardt75a.k.a id teknisilaptop

jika agan merasa berguna mohon di rate, ane tidak meminta agan untuk memberi ane cendol, tp jika agan tetap memberikan, maka ane menerima kebaikan dari agan
0
4.6K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan