collection55Avatar border
TS
collection55
Kota Banjarbaru siapkan "bank" pohon

ilustrasi "bank" pohon

Kantor Lingkungan Hidup Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, menyiapkan "bank" pohon yang akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat untuk penghijauan lingkungan.

"Kami menyiapkan tempat atau semacam "bank" pohon berupa penyemaian bibit pohon yang akan dibagikan kepada masyarakat," ujar Kepala Kantor Lingkungan Hidup Banjarbaru, Fahruddin, Rabu.

Ia mengatakan, keberadaan "bank" pohon itu penting karena pohon-pohon yang disiapkan bisa digunakan untuk menanami daerah atau kawasan yang kritis karena kurangnya penghijauan.

Jenis pohon yang dipelihara di "bank" pohon yang tempatnya berada di sekitar Kantor LH Banjarbaru Jalan Trikora baik berupa pohon pelindung maupun pohon produksi atau buah-buahan.

Disisi lain, "bank" pohon juga bisa dijadikan persediaan bibit-bibit pohon yang sewaktu-waktu digunakan dalam kegiatan penanaman pohon pada sejumlah kegiatan terkait peduli lingkungan.

"Jika ada kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan dan membutuhkan bibit-bibit pohon maka "bank" pohon bisa memenuhinya sesuai jumlah yang diperlukan dan persediaan pohon yang sudah ada," ungkap dia.

Dikatakan, untuk mempersiapkan "bank" pohon tersebut, pihaknya meminta kepada setiap perusahaan terutama yang mengajukan izin pengelolaan lingkungan menyumbang bibit pohon.

Jumlah bibit pohon yang diminta minimal sebanyak 10 buah tetapi jika lebih dari jumlah itu semakin baik sehingga bibit-bibit pohon yang akan dipelihara semakin banyak dan bisa dikembangkan.

"Perusahaan yang mengajukan izin pengelolaan lingkungan diwajibkan menyumbang bibit pohon, jika tidak maka izinnya tidak diterbitkan sehingga mereka diharapkan memenuhi kewajiban tersebut," ujarnya.

Ia mengharapkan pohon yang disumbang perusahaan berukuran cukup besar atau tingginya mencapai satu meter sehingga mudah dalam perawatan dan tidak cepat mati saat dipelihara.

Ditambahkan, selain menyiapkan sendiri "bank" pohon, pihaknya juga bekerjasama dengan Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (Distankanhut) Kota Banjarbaru untuk penyediaan bibit pohon.

"Apabila bibit pohon yang kami sediakan kurang sementara permintaan banyak, maka kami akan berkoordinasi dengan Distankanhut untuk memenuhi bibit pohon yang diminta," katanya.


sumber:http://www.antaranews.com
0
1.1K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan