Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

n30b13Avatar border
TS
n30b13
China dan Jepang Singkirkan Dollar
Gan... Rencanaya Tanggal 1 Juni Jepang dan China mau singkirkan Dollar Kesepakatan tersebut katanya diambil untuk mendorong bisnis di kedua negara tersebut.

Berita selengkapnya spt saia copas di bawah ini.

Plasadana.com - China dan Jepang mencatatkan sejarah baru. Pertama dalam sejarahnya, dua mata uang di negara tersebut, mulai akhir minggu ini bisa ditransaksikan langsung tanpa dolar AS sebagai penengah.

Kesepakatan ini diambil untuk mendorong bisnis di kedua negara. Jun Azumi, Menteri Keuangan Jepang mengungkapkan, kesepakatan dua negara terbesar -kedua dan ketiga - di dunia dalam perekonomian itu, akan mengabaikan dolar sebagai ukuran mata uang kedua negara saat transaksi.

"Kesepakatan ini mulai berlaku pada 1 Juni," kata Azumi, seperti dikutip ChannelNewsAsia hari ini. Media Jepang sendiri 'takjub' dengan kebijakan China yang selama ini hanya mengizinkan yuan ditransaksikan langsung dengan dolar AS.

Dengan tidak menggunakan dolar sebagai perantara, kata Azumi, maka biaya transaksi Yuan-Yen akan lebih murah. "Termasuk mengurangi risiko pada institusi keuangan di kedua negara," ujarnya.

Sejak 2010, China sudah mengambil-alih posisi Jepang sebagai negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia. Selain itu, China merupakan mitra dagang Jepang terbesar. Selama ini, mata uang digunakan adalah dolar, yang segera ditinggalkan untuk transaksi kedua negara.

Rangkaian dari kebijakan ini, sebelumnya Jepang juga sudah diizinkan untuk membeli surat utang pemerintah China secara langsung. Kebijakan yang dikeluarkan Maret 2012 itu, merupakan yang pertama kali dilakukan China.

Sumber

n30b13 mau tanya menurut Agan dan Sista ada dampaknya gak untuk mata uang EURUSD ma GBPUSD?
0
3K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan