BabymoonAvatar border
TS
Babymoon
10 Cara Untuk Membiasakan Diri Menulis
Halo agan” semua ..
Maaf klo repost ..
Ane Cuma mau berbagi informasi sedikit untuk agan” yang ingin belajar menjadi seorang Penulis. Kebetulan belakangan ini ane lagi gencar”nya nyari informasi tentang dunia kepenulisan, bukannya gimana ato sok apalah, tapi ane cuma ingin menciptakan sebuah hobi baru dalam diri ane yang lebih positif dan bermanfaat dari sekedar maen DoTA ato jalan” ga jelas saban malem, yaitu Nulis.
Nah, bagi yang merasa punya keinginan yang sama kayak ane, berikut ada 10 hal yang mungkin bermanfaat bagi para pemula yang pengen belajar nulis untuk membiasakan dirinya menulis.


[*]1.\tTulis kebiasaan menulis kalian
Seperti yang banyak para motivator sarankan untuk membuat agar diri kita selalu berkomitmen pada suatu hal, yang dalam hal ini adalah berkomitmen untuk melakukan kebiasaan menulis. Jadi tulislah sebuah kalimat yang mengutarakan komitmen kalian tersebut termasuk informasi-informasi pendukung lainnya. Misalnya tulislah dalam secarik kertas “saya akan menulis hari ini jam 7 malam, di kamar selama 1 jam penuh” kemudian taruh di wastafel, cermin, dompet atau tempat sejenisnya yang pasti akan kalian lihat setiap harinya.
Hal ini akan membatu kalian untuk selalu ingat dengan komitmen yang telah kalian buat sebelumnya.


[*]2.\tMenulislah setiap hari dengan waktu yang sama, dengan pemicu
Pilihlah sebuah waktu yang kira-kira adalah waktu terbaik untuk mood kalian dan tidak memungkin ada hal lain yang akan mengganggu waktu tersebut. Misalnya jam setelah kalian pulang kuliah dan selesai mandi. Putuskan semua ini dan mulai berkomitmen untuk melakukannya setiap pagi. Dan gunakanlah pemicu agar kalian bersemangat untuk melakukan kebiasaan ini setiap hari. Misalnya kalau ane sendiri, setiap ane mau mengerjakan kebiasaan nulis ane, ane pasti nyeduh kopi dulu kemudian nyetel music selow biar otak ane lebih rileks.

[*]3.\tBerkomitmenlah pada orang lain
Seperti pada poin 1, komitmen sangatlah penting untuk membentuk sebuah kebiasaan. Oleh karena itu, mulailah juga untuk berkomitmen dengan orang selain diri kalian sendiri. Berkomitmenlah pada keluarga, pacar atau istri kalian. Pastikan mereka agar selalu menuntut hasil dari kebiasaan menulis yang akan selalu kalian lakukan setiap hari ini.

[*]4.\tFokuslah selama 1 bulan
Salah satu cara untuk membuat sebuah kebiasaan baru adalah fokus, fokus, fokus dan fokus. Manikin kalian memiliki beberapa rencana yang akan kalian lakukan sebulan kedepan, namun alangkah baiknya ditunda dulu jika memang rencana itu bukan sesuatu hal yang crucial. Fokuskanlah sebagian hidup kalian untuk membentuk kebiasaan menulis ini.


[*]5.\tTemukan motivasi kalian
Temukanlah apa yang membuat kalian ingin menulis ? apa yang mengharuskan kalian untuk menulis ? atau apa yang akan kalian dapat jika terus menulis ? pastikanlah kalian menemukan sebuah motivasi agar kalian terus dan terus menulis. Karena jika suatu saat kalian bosan, motivasi inilah yang akan membangkit semangat kalian lagi.
Jujur, kalo ane .. motivasi terbesar ane untuk terus menulis ini adalah bokap ane yang telah tiada. Bokap ane punya sebuah cita-cita membuat sebuah buku tentang silsilah keluarga ane yang suatu saat nanti rencananya bakal diturunkan keanak-cucunya agar mereka semua tahu dari mana mereka semua berasal. Namun, baru menyelesaikan halaman ke 4, beliau sudah keburu meninggalkan dunia ini Gans :’)


[*]6.\tCatat dan bertanggung jawablah
Seperti melaporkan kegiatan harian kalian kepada bos, begitu pula dengan kebiasaan menulis ini. Catatlah setiap kebiasaan yang telah kalian lakukan hari ini, kemudian bertanggung-jawablah pada hasilnya. Koreksi apa-apa yang dikira kurang dan benahi keesokan harinya.

[*]7.\tTentukan pernghargaan diri
Tentukanlah penghargaan dan hadiah apa yang pantas untuk diri kalian yang telah berhasil melaksanakan komitmen yang telah di buat. Misalnya berjanjilah pada diri sendiri untuk makan enak jika berhasil di hari pertama, begitu pula di hari kedua dan ketiga. Kemudian kurangi lagi, dengan memberikan hadiah lain jika berhasil selama 1 minggu, kurangi lagi jika berhasil selama 1 bulan penuh.

[*]8.\tDisiplin
Disiplin pada diri sendiri adalah hal yang paling susah untuk dilakukan, lain halnya jika kita dikantor yang pasti akan disiplin pada setiap peraturannya. Jadi berusalah untuk benar-benar disiplin pada komitmen yang telah kalian buat atau semuanya akan sia-sia.

[*]9.\tMencari Inspirasi
Inspirasi adalah motivator terbaik kalian. Temukanlah hal itu dengan membaca pengalaman-pengalaman orang yang telah sukses, menonton tivi, jalan-jalan dan sebagainya. Lakukanlah hal yang sama saat kalian sedang menulis, tapi tentuny jangan sampai itu semua menghambat kebiasaan menulis kalian.

[*]10.\tJadikanlah menulis sebuah kegiatan yang menyenangkan
Buatlah sebuah mindset yang menyatakan kalau menulis adalah hobi saya dan itu sangat menyenangkan sekali. Karena terlepas dari pentingnya sebuah kedisiplinan, menjadikan kegiatan menulis sebuah kegiatan yang menyenangkan adalah hal yang sangat penting. Jadi mulai sekarang, seperti yang telah dijelaskan pada poin 2 carilah sebuah pemicu untuk menciptakan mindset ini. Entah itu dengan membuat kopi ataupun menyetel music.
[/LIST][/COLOR][/B]


Oke gan.. semoga informasi yang ane kasi ini bermanfaat, andaikata ada salah” nih.. mohon jangan dikasi bata yang Gans…
Sumber : Tips & Trick Agar Nongol di Media karya M. Mufti Mubarok.
0
3.1K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan